Skip to main content

DEFINISI MULTIMEDIA

Assalamualaikum wr wb, yos kali ini saya alhamdulillah bisa ngeposting artikel lagi di blog ini setelah sekian lama tidak ngepost dikarenakan sibuk kuliah, kali ini saya share artikel mengenai definisi multimedia, yak langsung saja bisa disimak artikelnya.

MULTIMEDIA
MULTI : banyak; bermacam-macam
MEDIA: sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu (perantara).

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org:
Multimedia is the use of several different media to convey information (text,
audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store
multimediantent.

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk
menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association:

 Pada tahun 1990:
16 MHz 386SX CPU
2MB RAM
30MB hard disk
256-color, 640 x 480 VGA video card
1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1
second seek time
Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-
bit sound
Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

 Pada tahun 1993:
25 MHz 486SX CPU
4 MB RAM
160 MB hard disk
16-bit color, 640×480 VGA video card
2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x,
with < 400ms seek time
Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

 Pada tahun 1996:
75 MHz Pentium CPU
8 MB RAM
540 MB hard disk
Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-
bit color
MPEG-1 hardware or software video playback
4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <
250ms seek time
Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
Windows 3.11

MENGAPA MULTIMEDIA?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara
interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung
oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan
website yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan
dilakukan.
Multimedia mampu:
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking,
para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat
dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang
dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software
kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer
multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :

1. Perception Medium
Perception media membantu manusia untuk merasakan
lingkungannya
“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan
komputer?” 􀃆 Persepsi informasi melalui penglihatan atau
pendengaran
Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
Aspek pada perception medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung
daklam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung
dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
- Predefined symbol set (sudah disepakati
sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time dependent , continuous media (video,
audio, sinyak dari sensor yang berbeda)

2. Representation Medium
Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh
komputer
“Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” 􀃆
Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan
informasi. Contoh :
- Text : ASCII dan EBCDIC
- Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
- Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan
kuantisasi linier 16 bit
- Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
- Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC),
computer standard (MPEG)

3. Presentation Medium
Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output
informasi
“Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau
dimasukkan ke komputer?”
􀃆 Output : kertas, layar, speaker
􀃆 Input : keyboard, mouse, kamera, microphone

4. Storage Medium
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan
informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
“Dimanakah informasi akan disimpan?” 􀃆 microfilm, floppy disk,
hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard

5. Transmission Medium
Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi
data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
“Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” 􀃆 melalui jaringan,
menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka
(wireless)

6. Information Exchange Medium
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan
dan media transmisi
“Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling
dipertukarkan?” 􀃆 direct transmission dengan jaringan komputer,
combined (storage dan transmission media), web yang berisi
informasi, e-book, forum

SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any system which supports more than a single kind of
media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?

1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/
discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media
kontinu adalah audio dan video.

2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media
tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/
keterkaitan antar media tersebut rendah.

3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer.
Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:

1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki
minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,
LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.

2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai
bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem
dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video
converence dan video broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan
jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK UKURAN GAMBAR ( FRAME SIZE )

Bismillahirahmanirahim Assalamualaikum wr wb, bagai mana kabar kalian semoga tetap semangat ya, kali ini saya menulis artikel mengenai teknik ukuran gambar ( frame size ) yah bisa langsung saja di simak artikelnya dan semoga berkah. MACAM – MACAM TEKNIK UKURAN GAMBAR ( FRAME SIZE ) Extreme close Up . Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak   big close up pengambilan gambar dari sebatas kepala hingga dagu   close up , gambar diambil dari jarak dekat, hanya sebagian dari  objek yang terlihat seperti hanya mukanya saja atau sepasang kaki yang bersepatu Medium Close Up : pengambilan dari jarak sedang, jika objeknya orang maka yang terlihat hanya separuh badannya saja (dari dada keatas). Mid Shoot: pengambilan dari jarak sedang, jika objeknya orang maka yang terlihat hanya separuh badannya saja (dari pinggang keatas

ELEMEN ELEMEN SISTEM KOMPUTER

Bismillahirahmanirahim, assalamualaikum wr wb. Bagaimana kabar kalian semua semoga selalu baik, sehat, dan selalu dalam lindungan allah swt, kali saya akan membahas mengenai elemen – elemen sistem komputer ya Langsung saja bisa di simak artikelnya dan semoga bermanfaat nan berkah. edisi ke 2 ELEMEN – ELEMEN SISTEM KOMPUTER Agar komputer dapat berfungsi  sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi,maka diperlukan sistem komputer  yang tersusun atas 3 elemen yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware tidak akan bisa berfungsi  tanpa software dan juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan memberi manfaat apabila tidak ada unsur brainware. 1.      Hardware Merupakan perangkat fisik / perangkat keras dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan. Hardware terdiri dari : a.        Input/Output Device, seperti keyboard, mouse, printer, speaker, monitor b.       Stronge Device, seperti Hardisk, CD/DVD, flashdisk, disket c.        Casing Unit, tempat (wad

MACAM MACAM KAMERA VIDEO

Bismillahirahmanirahim, assalamualaikum wr wb. Bagaimana kabar kalian semua semoga selalu semangat dalam menjalani hidup dan selalu dalam lindungan allah swt. kali saya akan membahas artikel mengenai macam – macam kamera video, ya Langsung saja bisa di simak artikelnya dan semoga bermanfaat nan berkah. Edisi ke 4 -Kamera Video   adalah perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. Kamera Video termasuk salah satu produk teknologi digital, sehingga disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis. JENIS – JENIS KAMERA VIDEO BEDASARKAN FORMAT :             1.    Video Analog   adalah Gambar dan Audio direkam dalam bentuk sinyal Magnetik pada pita  magnetik. 2.   Video Digital   adalah juga serupa dengan Video analog, gambar dan sura digital direkam dalam pita magnetic, tetapi menggunakan sinyal digi