Assalamualaikum wr wb, yos kali ini saya alhamdulillah bisa ngeposting artikel lagi di blog ini setelah sekian lama tidak ngepost dikarenakan sibuk kuliah, kali ini saya share artikel mengenai definisi multimedia, yak langsung saja bisa disimak artikelnya.
MULTIMEDIA
MULTI : banyak; bermacam-macam
MEDIA: sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa
sesuatu (perantara).
Multimedia dapat diartikan
sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, grafik,
animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut
beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer
dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga
elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling
sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara,
musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan
teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam
konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video,
dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi,
berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org:
Multimedia is the use of
several different media to convey information (text,
audio, graphics,
animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage
devices, especially those used to store
multimediantent.
DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah
sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan
memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer
mutlimedia dilakukan oleh
"Multimedia PC Marketing Council", sebuah
kelompok kerja dari sebuah
perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association
(sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan
ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan
Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia
sebatas hanya kemampuan komputer untuk
menampilkan video melalui
sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer
Multimedia menurut Software and Information Industry Association:
Pada tahun 1990:
• 16 MHz
386SX CPU
• 2MB RAM
• 30MB hard
disk
• 256-color,
640 x 480 VGA video card
• 1x CD-ROM
drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1
second seek time
• Sound
card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-
bit sound
• Windows
3.0 with Multimedia Extensions.
Pada tahun 1993:
• 25 MHz
486SX CPU
• 4 MB RAM
• 160 MB
hard disk
• 16-bit
color, 640×480 VGA video card
• 2X CD-ROM
drive using no more than 40% of CPU to read at 1x,
with < 400ms seek time
• Sound
card outputting 44 kHz, 16-bit sound
• Windows
3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
Pada tahun 1996:
• 75 MHz
Pentium CPU
• 8 MB RAM
• 540 MB
hard disk
• Video
system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-
bit color
• MPEG-1
hardware or software video playback
• 4x CD-ROM
drive using no more than 40% of CPU to read, with <
250ms seek time
• Sound
card outputting 44 kHz, 16-bit sound
• Windows
3.11
MENGAPA MULTIMEDIA?
Multimedia dapat digunakan
dalam:
1. Bidang periklanan yang
efektif dan interaktif
2. Bidang pendidikan dalam
penyampaian bahan pengajaran secara
interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung
oleh berbagai aspek:
suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang jaringan dan
internet yang membantu dalam pembuatan
website yang menarik,
informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer
Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat
20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat
30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat
50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang mampu mengingat
30% dari yang didengar, dilihat, dan
dilakukan.
Multimedia mampu:
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan
adanya teleworking,
para pekerja dapat
melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Contoh software yang
mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat
dilakukan dengan
menggunakan internet, kemudian barang datang
dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia
membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli
online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi.
Orang-orang mulai
menggunakan internet dan
berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran
online, detik.com, menggunakan software
kesehatan, belajar gitar
dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah
mulai menggunakan komputer
multimedia, belajar
online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan
televisi dan radio.
Media (berdasar ISO93a)
dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
• Perception
media membantu manusia untuk merasakan
lingkungannya
• “Bagaimana
manusia menerima informasi pada lingkungan
komputer?” Persepsi informasi melalui
penglihatan atau
pendengaran
• Perbedaan
persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
• Aspek
pada perception medium :
i. Aspek Representative
Space: sesuatu yang terkandung
daklam presentasi secara
nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative
Values: nilai-nilai yang terkandung
dalam presentasi
- Self contained (interpretasi
tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
- Predefined symbol set (sudah disepakati
sebelumnya), misal: teks,
ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation
Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time dependent , continuous media (video,
audio, sinyak dari sensor
yang berbeda)
2. Representation Medium
• Representation
media ditentukan oleh representasi informasi oleh
komputer
• “Bagaimana
informasi pada komputer dikodekan?”
Menggunakan berbagai format
untuk merepresentasikan
informasi. Contoh :
- Text : ASCII dan EBCDIC
- Grafis : CEPT atau
CAPTAIN videotext
- Audio stream : PCM
(Pulse Coding Method) dengan
kuantisasi linier 16 bit
- Image : Facsimile
(standard ISO) atau JPEG
- Audio/video : TV
standard (PAL, SECAM, NTSC),
computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
• Tool dan
device yang digunakan untuk proses input dan output
informasi
• “Melalui
edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau
dimasukkan ke komputer?”
Output : kertas, layar, speaker
Input : keyboard, mouse, kamera,
microphone
4. Storage Medium
• Pembawa
data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan
informasi (tidak terbatas
pada komponen komputer)
• “Dimanakah
informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk,
hard disk, CD ROM, DVD,
MMC, SDCard
5. Transmission Medium
• Pembawa
informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi
data secara kontinyu
(tidak termasuk media penyimpanan)
• “Melalui
apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan,
menggunakan kabel
(coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka
(wireless)
6. Information Exchange Medium
• Pembawa
informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan
dan media transmisi
• “Bagaimana
informasi dari tempat yang berbeda saling
dipertukarkan?” direct transmission dengan
jaringan komputer,
combined (storage dan
transmission media), web yang berisi
informasi, e-book, forum
SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any
system which supports more than a single kind of
media [AHD 1991].
Bagaimana sistem bisa
disebut sebagai sistem multimedia?
1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem
multimedia jika kedua jenis media (continuous/
discrete) dipakai. Contoh
media diskrit : teks dan gambar, dan media
kontinu adalah audio dan
video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis
media yang berbeda adalah keterkaitan antar media
tersebut. Sistem disebut
sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/
keterkaitan antar media
tersebut rendah.
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat
melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer.
Sistem dapat diprogram
oleh system programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat
dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti
merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki
minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse,
scanner, mic), dan output (speaker, monitor,
LCD Proyektor), VGA dan
Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung
melalui jaringan yang mempunyai
bandwidth yang besar.
Perbedaannya adalah adanya sharing sistem
dan pengaksesan terhadap
sumber daya yang sama. Contoh: video
converence dan video
broadcast
Permasalahan: bila
bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan
jaringan, delay dan
masalah infrastruktur yang belum siap.
Comments
Post a Comment