Skip to main content

SEJARAH INTERNET

Bismillahirahmanirahim assalamualaikum wr wb, kali ini saya menulis artikel mengenai sejarah internet, langsunng saja disimak artikelnya dan semoga bermanfaat.
Pengertian : Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).
Sejarah : Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Macam-Macam layanan internet :
1. E-Mail
E-Mail atau surat elektronik merupakan layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.
2. World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www guna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.
3. Mailing List
Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi. Penyedian Mailing List populer saat ini adalah Yahoo Groups. Anda bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list.
4. E-Commerce
E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, seperti toko online. Dengan adanya layanan internet semacam ini anda tidak perlu repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. Cukup buka laptop anda kemudian koneksikan dengan internet, cari toko online terpercaya yang menjual barang yang anda inginkan, transfer dan barang keinginan andapun akan dikirim ke rumah anda.
5. E-Banking
Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk mentransfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka andapun bisa mentransfer uang dengan cepat.
6. Chatting
Layanan internet ini merupakan layanan favorit para kawula muda, chatting merupakan kegiatan berbincang melalui teks antar para pengguna internet seluruh dunia. Salah satu aplikasi chating yang sering digunakan adalah IRC (Internet Relay Chat) sebuah protokol yang memungkinkan semua user internet saling terhubung dan berbincang pada sebuah channel.
7. VOIP
Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan layanan internet yang memungkinkan pembicaran via telephone dengan biaya gratis. Jika menggunakan layanan internet yang satu ini anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Banyak sekali VOIP server gratis yang bisa anda gunakan untuk layanan internet ini salah satunya yang paling terkenal di Indonesia adalah VOIP rakyat.
B) INTRANET
Pengertian : Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Sejarah : Dahulu, organisasi-organisasi menemukan tantangan bagaimana cara agar bisa melakukan komunikasi antara perusahaan dan antar perusahaan secara efektif dengan biaya yang efisien, tantangan itu sekarang sudah terjawab dengan kehadiran intranet dan internet. Sejarah awalnya dimulai pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) dimana para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Akan tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan sampai kehadiran PC ditahun 1980-an.
Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini didesain untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet (red: perkembangan intranet tak pernah lepas dari perkembangan internet). Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, dimana para pengguana dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang.
Selama terjadinya evolusi internet, banyak organisasi (utamanya perusahaan-perusahaan) yang menyadari betapa besar kekuatan dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada didalam perusahaan seperti efektivitas dan efisiensi. Dengan teknologi intranet, perusahaan dapat membangun kerjasama tim dan juga berbagi berbagai macam informasi walaupun dengan platform yang berbeda-beda. Intinya, teknologi ini bisa diterapkan dibanyak perusahaan karena sifatnya yang easy to use atau user friendly.
Teknologi intarnet ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena teknologi tersebut sangat bermanfaat dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi jaringan pribadi lainnya. Teknologi intranet ini bisa merubah cara orang bekerja, belajar dan berbagi informasi. Keuntungan lainnya dari intranet adalah ketersediaan informasi, kemudahan dokumentasi dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional dan perbaikan serta meningkatkan efisiensi. Semakin hari tantangan semakin komplek, diharapkan teknologi intranet bisa diganti dengan teknologi baru yang lebih baik lagi.
Layanan Intranet :
• Serupa dengan layanan pada internet :
1. FTP (File Transfer Protocol) : ambil/kirim file dari satu komputer
ke komputer lain.
2. GOPHER : sistem pencarian informasi mengikuti hirarki menu.
3. WAIS (Wide Are Information Servers) : untuk mencari data
berindeks menggunakan keyword tertentu.
4. USENET News : Untuk akses ke komputer bulletin board
systems.
5. TELNET : Log-In ke dalam sistem komputer secara remote.
6. ELECTRONIC MAIL : Kirim mengirim surat secara elektronik.
• Untuk membangun dan menjalankan Intranet tidak perlu menjadi
anggota Internet.
• Features di atas masih dapat ditambah lagi dengan layanan-layanan
lain sesuai kemampuan TCP/IP.

Wassalamualaikum wr wb.
Sumber : fathur9901.wordpress.com


Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK UKURAN GAMBAR ( FRAME SIZE )

Bismillahirahmanirahim Assalamualaikum wr wb, bagai mana kabar kalian semoga tetap semangat ya, kali ini saya menulis artikel mengenai teknik ukuran gambar ( frame size ) yah bisa langsung saja di simak artikelnya dan semoga berkah. MACAM – MACAM TEKNIK UKURAN GAMBAR ( FRAME SIZE ) Extreme close Up . Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak   big close up pengambilan gambar dari sebatas kepala hingga dagu   close up , gambar diambil dari jarak dekat, hanya sebagian dari  objek yang terlihat seperti hanya mukanya saja atau sepasang kaki yang bersepatu Medium Close Up : pengambilan dari jarak sedang, jika objeknya orang maka yang terlihat hanya separuh badannya saja (dari dada keatas). Mid Shoot: pengambilan dari jarak sedang, jika objeknya orang maka yang terlihat hanya separuh badannya saja (dari pinggang keatas

ELEMEN ELEMEN SISTEM KOMPUTER

Bismillahirahmanirahim, assalamualaikum wr wb. Bagaimana kabar kalian semua semoga selalu baik, sehat, dan selalu dalam lindungan allah swt, kali saya akan membahas mengenai elemen – elemen sistem komputer ya Langsung saja bisa di simak artikelnya dan semoga bermanfaat nan berkah. edisi ke 2 ELEMEN – ELEMEN SISTEM KOMPUTER Agar komputer dapat berfungsi  sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi,maka diperlukan sistem komputer  yang tersusun atas 3 elemen yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware tidak akan bisa berfungsi  tanpa software dan juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan memberi manfaat apabila tidak ada unsur brainware. 1.      Hardware Merupakan perangkat fisik / perangkat keras dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan. Hardware terdiri dari : a.        Input/Output Device, seperti keyboard, mouse, printer, speaker, monitor b.       Stronge Device, seperti Hardisk, CD/DVD, flashdisk, disket c.        Casing Unit, tempat (wad

MACAM MACAM KAMERA VIDEO

Bismillahirahmanirahim, assalamualaikum wr wb. Bagaimana kabar kalian semua semoga selalu semangat dalam menjalani hidup dan selalu dalam lindungan allah swt. kali saya akan membahas artikel mengenai macam – macam kamera video, ya Langsung saja bisa di simak artikelnya dan semoga bermanfaat nan berkah. Edisi ke 4 -Kamera Video   adalah perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. Kamera Video termasuk salah satu produk teknologi digital, sehingga disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis. JENIS – JENIS KAMERA VIDEO BEDASARKAN FORMAT :             1.    Video Analog   adalah Gambar dan Audio direkam dalam bentuk sinyal Magnetik pada pita  magnetik. 2.   Video Digital   adalah juga serupa dengan Video analog, gambar dan sura digital direkam dalam pita magnetic, tetapi menggunakan sinyal digi